Kadishut Sulbar bersama Jajaran Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Kadishut Sulbar bersama Jajaran Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Mamuju-11/06/2024. Kepala Dinas Kehutanan Sulawesi Barat Bersama Jajaran memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan menanam pohon. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Sumare, Kabupaten Mamuju.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kehutanan, Sekretaris Dinas Kehutanan, Kepala Bidang Lingkup Dinas Kehutanan, Kasubag Lingkup Dinas Kehutanan, staf serta jabatan Fungsional Lingkup Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Barat.

Kegiatan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia berlangsung di lapangan Olahraga Sumare, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, kegiatan yang dirangkaikan dengan penanaman pohon ini dihadiri langsung Pj. Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin. Turut hadir pimpinan OPD, Forkopimda, BUMN, Swasta dan Instansi Vertikal, serta Pemkab se-Sulbar secara daring.

Kegiatan ini diawali dengan Upacara, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pemberian penghargaan dan bantuan kepada masyarakat. Mulai dari Piagam Pengharaan Nasional Bidang Lingkungan Hidup, Piagam Penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Sulbar, Piagam Program Kampung Iklim (Proklim) Tingkat Nasional, Sertifikat Peningkat Kinerja Perusahaan, serta penyerahan Bantuan Bibit kepada tiga perwakilan Petani di Sulbar

Pj. Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin membacakan sambutan seragam Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan sekaligus mencanangkan Gerakan Penanaman 1 Juta Pohon di Sulbar. Di sela-sela menyampaikan sambutan, Pj. Bahtiar menyapa kabupaten se-Sulbar yang turut serta hadir secara daring. Pada kesempatan ini dilakukan penanaman Sukun di Sekitar Pantai Sumare oleh Bapak Pj Gubernur beserta unsur Forkopimda lainnya.

“Kita harus mendukung Program Prioritas Bapak Pj Gubernur dalam upaya untuk meningkatkan ketahanan dan kedaulatan pangan, sejalan dengan hal tersebut pada moment peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia ini, semua stakeholder harus membangun sinergitas untuk terus mengkampanyekan kebiasaan menanam  pohon utamanya jenis-jenis MPTS baik di lahan terbuka masyarakat maupun di pekarangan rumah, dengan begitu lingkungan terjaga dan masyarakat juga memperoleh manfaat secara ekonomi ” Ujar Sekretaris Dinas Kehutanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *