Pertemuan Nasional Optimalisasi Pemanfaatan Dana Result-Based Payment REDD+ tahun 2024

Pertemuan Nasional Optimalisasi Pemanfaatan Dana Result-Based Payment REDD+ tahun 2024

Pertemuan Nasional Optimalisasi Pemanfaatan Dana Result-Based Payment REDD+ dilaksanakan di Hotel JW Marriot Jakarta. Kegiatan ini diselenggarakan dengan kolaborasi bersama antara Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH). Kegiatan ini dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia, ibu Sri Mulyani. Peserta pertemuan ini dihadiri oleh perwakilan Pemerintah Provinsi Se-Indonesia.

Pada Pertemuan Nasional ini Dinas Kehutanan diwakili oleh Sekretaris Dinas Kehutanan yakni Suharnani Kahir, S.Hut.,MP. “Pertemuan ini juga menjadi ajang untuk menyampaikan capaian program REDD+ dan membuka peluang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Provinsi bekerjasama dengan Lembaga Perantara yang telah terdaftar pada BPDLH untuk mengakses pendanaan yang ada guna meningkatkan penyerapan karbon dan pengelolaan hutan berkelanjutan berbasis perhutanan sosial. Dana yang bisa dimanfaatkan untuk Provinsi Sulawesi Barat sebesar USD.812.116 ” ujar Suharnani.

Akses dana tersebut melalui Lembaga Perantara (lemtara) sehingga tidak masuk dalam batang tubuh APBN ataupun APBD. Dana nantinya dikelola oleh Lemtara untuk berbagai kegiatan seperti Penguatan KPH, Rehabilitasi Hutan dan Lahan, Konservasi dan Keanekaragaman Hayati, Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, dan Pengelolaan Hutan Lestari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *